Bisa Berbahasa Arab, Kenapa Penting?

ImageSebagai seorang muslim, tentu bahasa Arab sangat penting buat saya. Al Quran yang merupakan guide nya orang Islam diturunkan dalam bahasa Arab. Hingga saat ini saya membaca Al Quran yang berbahasa Arab (meskipun ada terjemahannya). Sampai sekarang semua bacaan shalat adalah bahasa Arab. Kalau saya tidak mengerti dengan apa yang saya ucapkan, rasanya shalat dan bacaan Al Quran saya seakanakan tidak bernyawa. Saya ibaratkan ini seperti kita berjalan di sebuah taman yang indah tetapi mata kita tertutup. Jadi sebagai muslim, saya harus memahami  bahasa Arab.

Sebagai pelajar Indonesia, bahasa Arab sangat penting untuk di pelajari. Sumbersumber ilmu pengetahuan primer (sebelum diserap oleh barat) berasal dari dunia timur tengah. Alangkah senangnya jika saya bisa mempelajari itu semua dari akarnya langsung, sehingga keasliannya masih terjaga.

Sebagai orang Indonesia, saya tahu bahwa perekonomian dunia timur tengah itu sangat kuat. Bahkan bisa dikatakan, barat sangat ketergantungan terhadap minyaknya timur tengah. Hal ini terbukti dengan dekatnya hubungan barat dan timur tengah. Tidak heran jika bahasa Arab menjadi salah satu bahasa resmi di PBB. Penting bagi Indonesia untuk memiliki hubungan yang baik dengan dunia timur tengah. Kita harus banyak belajar dari mereka. Demikian sebaliknya, ada beberapa hal yang mereka bisa belajar dari kita. Untuk menciptakan hubungan yang baik ini, tentu, bahasa memegang peranan yang sangat penting. Mengingat bahasa adalah alat komunikasi yang menjadi jembatan bagi kedua belah pihak.

Inilah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk terus mempelajari bahasa Arab. Sampai sekarang saya masih mempelajarinya di Universitas Indonesia, Program studi Arab.

Leave a Reply

