Peristiwa-peristiwa Penting Seputar Timur Tengah di Bulan Maret

Maroko Merdeka

2 Maret 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Maroko terletak di utara Afrika, di tepi laut Mediterania dan Samudera Atlantik, serta berbatasan dengan Aljazair dan Sahara Barat. Maroko pada akhir abad ke-7 ditaklukkan oleh kaum muslimin dan diperintah oleh beberapa dinasti muslim. Mulai abad ke-15, Maroko jatuh ke tangan Portugis dan Sapnyol, lalu pada tahun 1906 resmi berada di bawah penjajahan Perancis.

Tunisia Merdeka

20 Maret 1956, Tunisia, sebuah negara di pesisir Afrika utara, meraih kemerdekaannya. Tunisia secara berganti-ganti diduduki oleh bangsa Phoenix, Cartage, dan Romawi. Pada abad ke-7 Tunisia dikuasai bangsa Arab. Pada tahun 1574, Tunisia dikuasai oleh imperium Ottoman dan sejak tahun 1881, menjadi protektorat Perancis. Gerakan kemerdekaan bangsa Tunisia dimulai sejak berakhirnya PD I, namun baru mencapai hasilnya ketika Perancis melemah saat berakhirnya PD II. Setelah merdeka, Habib Bourguiba yang merupakan pemimpin perjuangan kemerdekaan Tunisia, terpilih jadi presiden. Bourguiba memerintah selama tiga dekade dengan despotik.

Perang PLO Melawan Israel

21 Maret 1968, terjadi perang hebat antara para gerilyawan yang tergabung ke dalam Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dengan tentara Zionis Israel. PLO adalah gerakan perjuangan bersenjata rakyat Palestina yang didirikan tiga tahun sebelumnya, yaitu tahun 1965. Sistem organisasi yang rapi serta isu merebut kemerdekaan dari tangan Israel, membuat organisasi ini dengan cepat memperoleh simpati para pemuda Palestina. Inilah yang membuat Tel Aviv sangat mengkhawatirkan organisasi ini. Karena itu, pada tanggal tersebut, tentara Israel yang dilengkapi dengan peralatan perang yang canggih menyerang markas PLO yang saat itu berada di Kamp Pengungsi Karamah yang berada di perbatasan Jordania. Dalam perang itu, gerilyawan PLO berhasil menghabisi nyawa sekitar 1.230 tentara Zionis. Tank-tank baja milik tentara Zionis juga banyak yang dihancurkan atau direbut.

Peristiwa ini membuat PLO semakin poluler dan diperhitungkan di dunia. Akan tetapi, pada tahun 1991, pemimpin PLO Yaser Arafat memutuskan untuk mengubah haluan gerakan dari perjuangan militer menjadi perjuangan diplomatis. Arafat berharap perundingan-perundingan bisa menjadi cara terbaik guna memperoleh kembali hak-hak bangsa Palestina yang sudah dirampas. Hanya saja, harapan itu ternyata tinggal angan-angan. Perubahan haluan perjuangan PLO tersebut malah semakin memberikan peluang bagi Zionis Israel untuk melakukan berbagai kesewenang-wenangan di tanah Palestina. Akibatnya, popularitas Arafat dan PLO semakin menurun.

Terbentuknya Liga Arab

22 Maret 1945, Liga Arab didirikan atas proposal Raja Faruk dari Mesir. Organisasi ini berdiri dengan penandatanganan perjanjian antara Mesir, Suriah, Irak, Yaman, dan Arab Saudi yang dilaksanakan di kota Kairo Mesir. Tujuan didirikannya Liga Arab adalah untuk melindungi wilayah dan kemerdekaan negara-negara Arab dan mempererat kerjasama ekonomi dan budaya. Pada tahun 1962, dalam sebuah KTT, para kepala negara Liga Arab menandatangani perjanjian untuk mendirikan komando militer bersama. Namun, komando militer bersama ini pada prakteknya sama sekali tidak berfungsi dan tidak memberikan bantuan apapun kepada negara-negara Arab yang maju dalam perang melawan Zionis.

Yordania Merdeka

22 Maret 1946, Yordania meraih kemerdekaannya. Pada awal masa penaklukan yang dilakukan kaum muslim, Yordania menjadi bagian dari kekhalifahan Muslim. Pada pertengahan abad ke-16, Yordania dikuasai oleh imperium Ottoman. Menyusul PD I dan keruntuhan imperium Ottoman, Inggris menguasai Yordania, Irak, dan Palestina. Pada tahun 1946, Inggris menyerahkan kemerdekaan Yordania dan Inggris mengangkat sekutunya dalam melawan Ottoman, Emir Abdullah, sebagai raja Yordania.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s